You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sejumlah negara pun telah menyatakan kesanggupan untuk bekerjasama untuk membangun JIT.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mematangkan rencana pembangunan Jakarta Integrated Tunnel (JIT). PT Antaredja Mulia Jaya ditunjuk sebagai kontraktor pembangunan dua terowongan dengan nilai mencapai puluhan triliun rupiah tersebut. .
photo doc - Beritajakarta.id

Pembangunan JIT Terus Dimatangkan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mematangkan rencana pembangunan Jakarta Integrated Tunnel (JIT). PT Antaredja Mulia Jaya ditunjuk sebagai kontraktor pembangunan dua terowongan dengan nilai mencapai puluhan triliun rupiah tersebut. Sejumlah negara pun telah menyatakan kesanggupan untuk bekerjasama untuk membangun JIT.

Sesuai janji kontraktor akan merampung studi kelayakan tahun ini, Kalau nggak bergerak berarti kita akan cari yang lain

“Saya nggak tahu, progres pembangunan JIT. Ini tergantung pengusaha mau gaet siapa,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama di Balaikota, Selasa (6/5).

Dikatakan Basuki, pihaknya juga menyetujui kajian terkait pembangunan terowongan terpadu di ibu kota tersebut. Terowongan terpadu ini sebagai solusi untuk masalah transportasi dan pengendalian banjir saat musim hujan.

Proyek Hutan Kota Kampung Dukuh Mangkrak

“Pembangunan JIT di ibu kota mengadopsi teknologi dari Perancis dan tidak membebani APBD DKI dan APBN,” ungkapnya.

Namun, tambah Basuki, ia belum dapat memastikan kapan pembangunan JIT akan terealisasi. Namun, Pemprov DKI memberikan batas waktu kepada pihak kontraktor hingga akhir tahun ini untuk merampung studi kelayakan.

“Sesuai janji kontraktor akan merampung studi kelayakan tahun ini, Kalau nggak bergerak berarti kita akan cari yang lain,” katanya.

Sekadar diketahui, pembangunan JIT rencananya akan mulai dibangun akhir 2014. JIT akan dibangun di dua lokasi, yaitu yang menghubungkan Ulujami-Tanah Abang, dan Manggarai-Pasar Minggu. JIT Ulujami-Tanah Abang dimaksudkan untuk menampung luapan Sungai Pesanggrahan, sementara JIT Manggarai-Pasar Minggu dimaksudkan untuk menampung luapan Sungai Ciliwung.

Rencananya, JIT akan dibangun dalam dua ruas jalur dengan panjang 12 kilometer, dengan kedalaman 5-15 meter dari permukaan tanah, dan diameter 11 meter. JIT akan terdiri atas dua tingkat terowongan. Terowongan paling bawah akan digunakan sebagai saluran air, sedangkan saluran di atasnya untuk jalan kendaraan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1054 personAldi Geri Lumban Tobing